Pasar




Assalamualaikum Wr. Wb
Hay sobat, kali ini saya akan share materi tentang pasar.
Apasih yang dimaksud pasar, jenis-jenis pasar, dan manfaat pasar.

Pasar
Pasar adalah tempat yang mempertemukan pembeli dan penjual sehingga terbentuk harga yang telah disepakati oleh pembeli dan penjual.
Pada umumnya pasar dibagi menjadi 2 jenis yaitu pasar tradisonal dan pasar modern.
Pasar tradisional adalah tempat transaksi antara penjual dan pembeli secara langsung atau bertatap muka. Biasanya barnag yang dijual adalah kebutuhan sehari-hari. Pasar tradisional umumnya terletak di kawasan pedesaan.
Pasar modern adalah pasar ini proses transaksinya tidak secara langsung antara penjual dan pembeli melainkan melihat label harga pada produk dan berada dalam suatu ruangan. Barang yang dijual di pasar modern merupakan barang yang tahan lama.
Contoh pasar modern yaitu minimarket, supermarket dan hypermart.
Macam-macam pasar dibagi menjadi 4 yaitu:
1.      Pasar menurut luas jangkauan
a.       Pasar daerah yaitu proses jual beli produk terdapat di daerah produk itu dihasilkan.
b.      Pasar lokal adalah proses jual beli produk terdapat di kota yang menghasilkan produk tersebut.
c.       Pasar nasional adalah proses jual beli produk terdapat di negara yang menghasilkan produk tersebut.
d.      Pasar internasional adalah proses jual beli produk dari berbagai negara.
2.      Pasar menurut wujud
a.       Pasar konkret adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli secara langsung dan barang yang dijual pun dapat dilihat secara langsung. Produsen dan konsumen mudah dibedakan. Contohnya bursa saham dan bursa komoditi.
b.      Pasar abstrak adalah penjual dan pembeli tidak bertemu langsung dan barang yang dijual pun tidak dapat dilihat secara langsung. Biasanya konsumen kalo mau membeli produk melalui pesanan telepon dan internet.
3.    Pasar menurut barang yang diperjual belikan.
a.       Pasar barang konsumsi adalah pasar yang menjual barang-barang yang langsung bisa dikonsumsi. Misalnya beras, sayuran dan buah.
b.      Pasar barang produksi adalah pasar yang menjual barang untuk produksi. Misalnya mesin-mesin.
4.      Pasar menurut waktu penyelenggaran.
a.       Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual beli dilakukan setiap hari.
b.      Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual beli dillakukan setiap seminggu sekali.
c.       Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual beli dilakukan sebulan sekali.
d.      Pasar tahunan adalah pasar yang kegiatan jual beli dilakukan setahun sekali.
e.       Pasar temporer adalah pasar yang diadakan suatu organisasi atupun instansi tertentu dalam waktu yang tidak pasti.
Ada beberapa manfaat pasar, diantaranya sebagai berikut:
1)        Mempererat tali silaturahmi
Dalam pasar pasti terjadi sebuah interaksi ataupun komunikasi minimal 2 orang. Baik itu penjual dengan pembeli, penjual dengan penjual, dan pembeli dengan pembeli.
Dalam pasar pula seorang individu bertemu dengan individu lain yang tidak saling kenal menjadi kenal. Hal ini yang menjadikan pasar sebagai salah satu manfaat bagi kehidupan kita yaitu mempererat tali silaturahmi dengan orang lain.
2)      Tempat mencari keuntungan atau bisa disebut laba.
Pasar sebagai tempat idealis bagi seorang produsen untuk mendapatkan laba dari produk yang dijualnya. Dengan adanya pasar seorang produsen tidak akan bingung lagi untuk membangun suatu lokasi guna menjual produknya dan menarik konsumen untuk pergi ke lokasi yang dibuat produsen tersebut. Karena pasar adalah tempat bertemunya produsen dan konsumen untuk melakukan transaksi yang bernama jual beli.
3)      Sarana distribusi
Salah satu fungsi pasar adalah distribusi. Maksudnya distribusi disini adalah pasar sebagai jembatan antara konsumen ke produsen. Produsen yang telah memproduksi produknya bisa menjual dan menawarkan ke konsumen dan konsumen bisa membeli produk yang ada dipasar sesuai dengan kebutuhannya.
4)   Sarana promosi
Pasar merupakan tempat yang paling efektif untuk melakukan promosi bagi seorang produsen. Karena dalam pasar terdapat banyak konsumen yang mencari produk sesuai kebutuhannya. Dengan kondisi tersebut produsen berlomba-lomba mempromosikan produknya agar konsumen tertarik pada produknya dan berharap produk tersebut terjual.
5)      Pembentuk harga
Pasar sebagai pembentukan harga maksudnya disini adalah adanya proses tawar menawar antara penjual dan pembeli guna mendapatkan persetujuan kedua belah pihak namun tetap penjual mendapatkan laba dari barang yang dijualnya.
Harga merupakan aspek penting dalam bertransaksi jual beli. Karena harga sebagai suatu nilai dari produk yang dijual oleh produsen.

Semoga bermanfaat ya kawan.
Sekian dan terima kasih.

Comments

Popular Posts