Bisnis Plan




Bisnis Plan
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang bisnis plan.
Disini saya akan membahas pengertian bisnis plan dan poin-poin yang perlu diterapkan dalam bisnis plan agar bisnis yang akan dijalankan efektif dan tentunya mendapatkan laba.
Apa sih bisnis plan itu?
Bisnis plan adalah rencana bisnis apa yang akan dijalankan sehingga mendapatkan profit ataupun laba.
Poin-poin apa aja yang diperlukan agar bisnis plan bisa berjalan efektif, diantaranya:
1.    Ringkasan
Maksud dari ringkasan adalah menggambarkan mengenai konsep bisnis yang akan dijalankan, strategi yang akan digunakan dalam mengelola bisnisnya, target konsumen yang akan dituju, biaya yang diperlukan dalam mengoperasikan bisnis, tim manajemen dan keuntungan yang diperoleh.
2.    Produk yang ditawarkan
Dalam menjalankan bisnis tentunya ada produk yang dijual, produk tersebut memiliki ciri khas dan dapat memberikan manfaat tentunya bagi konsumen.
3.    Analisa dan penelitian pasar
Pasar bersangkut paut dengan konsumen. Pebisnis harus mengetahui kondisi pasar, persaingan dalam pasar, produk apa yang sedang dibutuhkan konsumen dan besar pasar yang akan dijangkau.
4.    Rencana pemasaran
Rencana pemasaran meliputi produk, harga, tempat dan promosi.
5.    Rencana produksi dan operasi
Rencana produksi dan operasi meliputi bahan baku, mesin yang akan digunakan untuk memproduksi produk, lokasi produksi dan tenaga kerja untuk memproduksi produk.
6.    Tim manajemen.
Tujuannya adalah mengatur sistem kerja di dalam perusahaan agar pembagian kerja berjalan efektif.
7.    Masalah dan resiko
Dalam menjalankan bisnis, pebisnis pastinya akan menghadapi suatu masalah dan resiko. Tujuan dari poin ini adalah agar bisa mengantisipasi dan mendapatkan solusi apabila mendapatkan masalah dalam bisnis yang dijalankan. Resiko juga berpengaruh akan keberlangsungan bisnis yang akan dijalankan.
8.    Rencana keuangan
Tujuan dari rencana keuangan adalah agar mengetahui biaya yang diperlukan dalam menjalankan bisnis. Biaya yang dimaksud meliputi, biaya bahan baku, waktu, dan upah tenaga kerja. Selain untuk menghitung biaya, rencana keuangan juga tentang keuntungan potensial dari produk yang dijual.

Semoga bermanfaat ya kawan.
Terima kasih
Wassalamualaikum Wr. Wb

Comments

Popular Posts